Wellcome


Wellcome to Haranabu Chikanatsu Blog - Selamat Datang di Haranobu Chikanatsu Blog

Search

Saturday 3 January 2015

Tegal Laka laka - Bahasa Tegal yang Unik

Bahasa Jawa Tegal adalah sebuah dialek bahasa jawa yang dituturkan oleh warga Kota dan Kabupaten Tegal, sebagian wilayah Brebes dan Pemalang bagian barat, dengan jumlah penutur kurang lebih 3 Juta jiwa. dialek tegal merupakan kekayaan bahasa jawa yang umik, meskipun banyak orang menyamakan dialek tegal dengan dialek banyumasan ( ngapak banyumasan ), namun menurut saya ada banyak perbedaan antara ngapak banyumasan dengan ngapak tegal. misalkan saja pada kosakata yang memang berbeda.




Contoh Penggunaan bahasa Tegal:


Dakri : Koen pan maring endi, Mad? - Kamu mau kemana, mad?
Amad : Enyong Pan maring warnet, pan melu? - aku nau ke warnet, mau ikut?
Dakri  : Ning kana pan ngapa? - Disana mau ngapain?
Amad : Pan Dolanan Game online, sida melu ora? - Mau mainan game online, jadi ikut nggak?
Dakri : Ora wis, Nyong pan Ngerjakna PR. - Enggak deh, Aku mau ngerjain PR.


bahasa tegal mempunyai kosakata yang kadang membuat orang asing mungkin akan tertawa dan sedikit bingung ketika mendengarkannya. contohnya:

patingnjluwag    :     berantakan, tidak rapi sama sekali
njekutrut/njetathut  :   bisa diartikan cemberut
Januk/januka/dongene   :  harusnya..
tengkula/tengulah   :  bisa diartikan ......kok malah ( melakukan itu )
medodod/mecothot  : nyembul / keluar

ada pula beberapa kosakata yang sulit diterjemahkan, seperti
-gempalong
-nggedrel
-dadaha


Slang Tegal / Bahasa gaul Tegal

yanu ( nyong/aku ) - saya/aku
jasak ( bapa ) - bapak
jok ( mbok ) - ibu
nyikung ( nginung ) - minum
adik ( yarik ) - adik
balik ( jagin ) - pulang
kanca ( jakwir ) - teman




Ya kaya kuwe sedulur artikele nyong sing judule " Tegal Laka laka - Bahasa Tegal yang Unik"
Maskasih yaa, wis ngunjungi ning Haranobu Chikanatsu Blog. Tegal Info

Ya begitulah saudara Artikel saya yang berjudul " Tegal Laka laka - Bahasa Tegal yang Unik"
Terimakasih telah berkunjung  di Haranobu Chikanatsu. Tegal Info

No comments:

Populer Minggu Ini