Wellcome


Wellcome to Haranabu Chikanatsu Blog - Selamat Datang di Haranobu Chikanatsu Blog

Search

Wednesday 15 May 2019

Jenis sensor Kamera 「APS-C vs FULL FRAME vs MEDIUM FORMAT」

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Full frame atau pun APS-C pada sebuah kamera digital, tapi tahukah kamu apa itu Full frame dan apa itu APS-C lalu perbedaan di antara keduanya. Full frame dan APS-C sendiri merupakan sebuah ukuran Sensor gambar / Image Sensor pada sebuah kamera digital. Full frame adalah Sensor gambar dengan ukuran 36 mm x 24 mm , ini sesuai dengan ukuran film 35mm  pada kamera film lama. dan APS-C merupakan Crop factor dari Full frame.
untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.




Full frame sendiri memiliki ukuran sensor 36 mm x 24 mm, biasa digunakan pada kamera profesional contohnya Sony alpha 9, EOS 1 Dx,  Nikon D 5.

Advanced Photo System type-C (APS-C) atau gampangnya menyebut Crop factor yang biasanya di gunakan pada Kamera Entry Level - Semi pro, misalnya EOS 7 D dan 1300 D, Nikon D 700, Pentax K3 dan Sony alpha 6400.

Four Thirds atau MFT ( micro four thirds ) ukuran sensor 4/3" biasanya digunakan oleh merek merek seperti Panasonic ( Lumix GX-7 )

untuk sensor 2/3" dan 1/2" biasanya di gunakan pada kamera pocket standard dan kamera prosumer dan juga beberapa Kamera ponsel ( Redmi note 7 pro dengan sensor 1/2" dan Nokia Lumia 1020 sensor 2/3").

sedangkan sensor 1/3" digunakan Apple pada iPhone 5 dan iPhone 6.

.




selain di atas ada juga kamera dengan ukuran sensor diatas Full frame atau 35mm. Medium Format dan Large Format. 


Medium Format adalah  Kamera dengan ukuran sensor diatas 35mm. Contoh nya pada Pentax 645 D ( sensor 44 x 33mm ) dan  Fuji GFX 50s ( 43.8 x 32.9mm ).

Sedangkan untuk Large Format biasanya dimulai dari ukuran sensor 4 x 5 inchi. 

No comments:

Populer Minggu Ini