Wellcome


Wellcome to Haranabu Chikanatsu Blog - Selamat Datang di Haranobu Chikanatsu Blog

Search

Wednesday 15 May 2019

Istilah istilah dalam Kamera Digital

Kamera berasal dari kata obscura camera yang dalam bahasa latin berarti "ruang gelap", menurut fungsi kamera adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap sebuah bayangan obyek dalam sebuah film. Ada berbagai macam jenis kamera, misal dari jenis film ada kamera small format, medium format dan large format. Ada pula kamera polaroid dan kamera digital. namun pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas Kamera digital.




Dimana kamera digital sendiri memilik pengertian kamera yang dapat bekerja tanpa menggunakan film, dimana kehadiran film ini telah digantikan oleh memory penyimpanan, baik memory internal ataupu memory external. nah di dalam kamera digital sendiri terdapat berbagai macam istilah seperti DSLR, Mirrorles, Image Sensor. nah langsung saja ya ini dia pembahasannya.

DSLR atau Digital Single Lens Reflect : sebuah kamera dengan sistem digitalyang memakai 1 buah lensa yang terpasang pada body kamera yang dapat diganti. Reflex mirror didalam kamera akan naik keatas disaat tombol shutter ditekan dan pada saat itulah sensor gambar didalam kamera akan merekam gambar.

Perbedaan DSLR dan Mirrorless

Mirrorless  : atau lengkapnya Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) pada dasarnya memiliki sistem yang sama dengan DSLR tapi tidak memiliki cermin didalamnya. nah untuk lebih detail akan saya bahas DSLR dan Mirrorles pada lain kesempatan.

Image Sensor : bahasa teknisnya adalah CCD (Charge Couple Device) sebuah sensor yang digunakan dalam sebuah kamera, seperti APSC atau Full frame.

Exposure : total pencahayaan yang di peroleh kamera berdasarkan ISO, Aperture dan Shutter speed.

Resolution : Jumlah pixel yang ada dalam sebuah sensor kamera dalam satuan Mega Pixel atau MP.


Apa itu ISO, Shutter Speed dan Aperture? 








No comments:

Populer Minggu Ini