Wellcome


Wellcome to Haranabu Chikanatsu Blog - Selamat Datang di Haranobu Chikanatsu Blog

Search

Thursday 4 December 2014

Tempat Wisata alam di Kabupaten Tegal 2

5. Curug Putri - Bumujawa




Adalah sebuah air terjun di wilayah perbatasan sebelah selatan antara Tegal dan Brebes. Curug Putri merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet. Curug Putri atau Air terjun ini memiliki ketinggian +- 25 meter memisahkan Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal yang merupakan wilayah Kabupaten tegal dengan desa Padanama Kecamatan Sirampog yang masuk ke wilayah Kabupaten Brebes. Sebelah timur curug ini adalah pedukuhan Dukuhtengah yang pada tahun 2008 mengalami longsor kelongsoran tanah tersebut mengakibatkan rusaknya jalan menuju pedukuhan tersebut.





6. Curug Pitu - Margsari



Curug Pitu yang ada di Margasari adalah salah satu wisata alam yang keadaannya masih alami. Jadi akses untuk kesana masih tergolong cukup sulit dan belum dikembangkan oleh dinas terkait. Curug adalah air terjun dan pitu adalah tujuh. Jadi air terjun yang berjumlah tujuh tingkat.

Wisata Curug Margasari berjarak sekitar 4,5 KM-an ke tenggara dari Pasar Margasari atau sekitar 2 jam perjalanan jika berjalan kaki. Perjalanan diawali dari Perempatan Pasar Margasari. Untuk menuju pasar Margasari, kita bisa menggunakan kendaraan umum seperti bis elf Tegal - Bumiayu atau bis AKDP Tegal - Purwokerto dengan tarif yang relatif terjangkau. Turun di Perempatan Pasar Margasari lalu berjalan ke arah selatan hingga ketemu SMP 1 Margasari ke timur hingga ketemu dengan Polsek Margasari.

Jika menggunakan sepeda motor, disarankan dititipkan ke Polsek tersebut dan sekalian lapor mengenai rencana ke Curug Pitu. Mengingat perjalanan cukup jauh, pastikan persiapan bekal dan tenaga yang cukup. Karena tidak ada kendaran umum yang menuju lokasi. Namun jika kita beruntung, kita bisa menumpang mobil warga yang kebetulan melintas.

Tantangan pertama adalah melewati sungai yang lumayan lebar. Karena belum adanya jembatan penyeberangan, pastikan tidak memaksakan menyeberang sungai ketika arus sedang deras. Setelah melalui sungai pertama, kita akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu deretan hutan jati yang ada disekeliling jalan. Jadi rasa capai pun akan sedikit berkurang karena asyik menikmati keindahan hutan ini.
Setelah hutan jati, kita akan meyeberang dan menyusuri sungai kembali dan bertemu dengan hutan jati kembali. Terus berjalan hingga bertemu dengan tempat periistirahatan yang berupa dam atau bendungan. Dari sini perjalanan akan mulai menanjak namun tidak terlalu curam. Namun yang perlu diperhatikan adalah daerah tersebut rawan longsor, jadi tetap waspada ya.

Untuk menuju ke curug, kita harus menanjak melawan air terjun. Ada sensasi tersendiri ketika menanjak, badan pegal menjadi hilang karena badan seperti dipijat-pijat oleh air terjun yang mengenai tubuh kita. Oh iya, antara terjun satu dengan terjun lainnya lumayan jauh letaknya. Jadi musti tetap bersabar dan hati-hati ya.




7. Pantai Suradadi

Pantai yang terletak di Desa Suradadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Salah satu pantai yang masih alami yang ada di Jalur Pantura Kabupaten Tegal. Dari Pantai Purwahamba Indah masih terus ke timur hingga menemui Kantor Polsek Suradadi (barat Pasar Suradadi) memanjang ke timur lagi hingga menemui sebuah jembatan besar. Sehingga jika ditarik garis lurus, Pantai Suradadi memiliki panjang sekitar 2,1 KM. Cukup luas bukan?

Pantai ini masih belum tersentuh oleh pembangunan sarana dan prasarana yang memadai untuk wisatawan. Sehingga kita hanya akan menemukan deretan rumah penduduk, kapal-kapal nelayan yang bersandar di tepi pantai. Pohon kelapa khas daerah pesisir pun tampak menjulang tinggi dan bergoyang diterpa angin. Tak lupa juga pohon bakau juga berjajar rapih di sepanjang pantai.

Suasana di pantai ini cukup nyaman cocok bagi yang menginginkan suasana yang tidak terlalu ramai, di sinilah tempatnya. Terlebih jika memiliki hobi fotografi, sun rise di Pantai Suradadi patut diancungi jempol, terlebih ketika cuaca sedang cerah.
Spot Pantai Suradadi yang menjadi favorit lokasinya berada di utara kantor Polsek Suradadi. Pantainya lebih bersih dan lebih tertata tentunya.

Namun sayangnya kepedulian pengunjung maupun warga masih kurang, karena di beberapa bagian pantai masih terlihat sampah yang berjejeran di tepi pantai. Terutama jika berada di sisi ujung timur pantai. Jika pantainya bersih, pasti lebih banyak lagi wisatawan yang mau datang

Populer Minggu Ini