Wellcome


Wellcome to Haranabu Chikanatsu Blog - Selamat Datang di Haranobu Chikanatsu Blog

Search

Wednesday 31 December 2014

Bahasa Jepang - Partikel KA か

Ohayou Gozaimasu........melanjutkan postingan minggu lalu tentang partikel dalam bahasa jepang. pada minggu lalu saya sudah share tentang partikel WA  は, dan sekarang giliran Partikel KA か yang akan saya bahas.
 

Partikel KA

Partikel KA , secara umum digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya, yang berarti apakah. namun juga memiliki fungsi lain:



1. Diletakkan pada akhir kalimat sebagai kata tanya.

Kore wa nan desu ka?
Ini apa?


2. Diletakkan di belakang kata tanya untuk menunjukkan sesuatu yg tidak jelas/ belum tentu

Itsu-ka tenki no ii hi ni tsuri ni ikitai desu.
Kapan-kapan pada hari yg bercuaca baik saya ingin pergi memancing.


3. Digunakan untuk memilih dua hal atau lebih, nisa juga diartikan "atau"

Ringo ka banana ka papaiya no you na kudamono o kudasai.
Berikan saya buah seperti Apel atau pisang atau pepaya.



4. Bentuk '... ka dō ka'  '... atau tidak/bukan'

Watashi to kekkon suru ka dō ka, dekiru dake hayaku kimete kudasai.
Putuskanlah secepat mungkin mau menikah dengan saya atau tidak.



VOCABALARY 
  
Itsu/ Itsu-ka : kspsn, kapan2
tenki no ii : cuaca yang baik
tsuri : memancing
ikitai (bentuk dasarnya iku ) : pergi
Ringo : apple
banana : pisang
papaiya : pepaya
kekkon suru : kawin  menikah
hayaku : cepet

No comments:

Populer Minggu Ini